Sekolah Peradaban Serang

Panjang Mulud Di Sekolah Peradaban Serang

Panjang Mulud Di Sekolah Peradaban Serang
Panjang Mulud hasil kreasi siswa SMP dan SMA Peradaban Serang
Dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad SAW, Sekolah Peradaban Serang menggelar lomba Panjang Mulud, Sabtu (17/1/2015). Lomba ini diikuti oleh 8 kelompok yang terdiri dari gabungan siswa SMP dan SMA Peradaban Serang. Para siswa berlomba menghias dan mengemas Panjang Mulud yang mereka buat semenarik mungkin.
 
Menurut koordinator lomba Panjang Mulud, Endang Rohmani, lomba ini digelar dalam rangka menghidupkan tradisi masyarakat Kota dan Kabupaten Serang.
 
“Panjang Mulud merupakan tradisi masyarakat Kota/Kabupaten Serang. Sekolah Peradaban Serang berada di wilayah Kota Serang. Oleh karena itu, kami pun ingin melestarikan tradisi Panjang Mulud ini. Makanya, Sekolah Peradaban Serang menggelar lomba Panjang Mulud,” kata Endang yang merupakan Wakasek Kesiswaan dan guru PAI SMP Peradaban Serang.
 
“Lomba Panjang Mulud ini sudah biasa dilaksanakan di Sekolah Peradaban Serang karena merupakan program tahunan Kesiswaan,” ujarnya.
 
Senada dengan Endang, guru SBK SMP dan SMA Peradaban, Ruslan, menjelaskan bahwa dalam lomba Panjang Mulud ada nilai pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.
 
“Kita harus melestarikan tradisi Panjang Mulud di Kota Serang. Dalam lomba Panjang Mulud ini ada nilai pembelajarannya. Didalamnya ada pelajaran seni (SBK),” ujar pria kelahiran Ambon ini.
 
Sekadar diketahui, yang menjadi juri dalam lomba ini adalah Ketua Yayasan Peradaban Islam (Bambang Wibowo) dan Ruslan (Guru SBK). Lomba Panjang Mulud ini dimenangkan oleh kelompok 5. Setelah selesai dinilai, panjang mulud yang dibuat siswa diarak dan dibawa ke masjid Komplek Ciolang Jaya untuk ikut merayakan maulid Nabi Muhammad SAW bersama warga.
Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top