Sosial, emosional dan kognitif anak usia dini secara kualitatif berbeda dengan dunia anak yang lebih besar. Cara berpikir mereka masih tingkatan “pra-operasional” dalam proses mental untuk memahami dunia sekitar mereka. Mereka melihat objek tak bernyawa sebagai sesuatu yang hidup. Sehingga bermain menjadi inti dari kegiatan belajar.
Strategi Pembelajaran
TK Peradaban Serang memberikan anak-anak kemerdekaan untuk berkotor-kotoran saat bermain dengan air, es, pasir, cat, lumpur, kayu, dan lain-lain.
Fasilitator mendorong anak meluangkan waktu untuk menjelajah, sehingga anak-anak pulang dengan perasaan senang karena sekolah menyediakan lingkungan untuk merasakan bahagia, tumbuh dan menyadari kekuatan dirinya.
Program Pembelajaran
Morning Activities
Aktivitas pembelajaran pagi hari untuk menyiapkan sosial, emosi dan spiritual untuk memulai pembelajaran agar lebih efektif. Meliputi: senam pagi, sholat dhuha, tahfidz dan Iqra’.
Thematic Learning
Berbagai pelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional yang dipadukan dalam tema tertentu dan secara bersama.
Outdoor and Indoor Learning
Porsi pembelajaran Outdoor and Learning adalah 50 : 50. Tujuannya untuk mengembangkan fisik, sensormotorik, sosial emosional dan kognitif anak.
Special Learning Activities
Kegiatan pembelajaran pengembangan khusus kompetensi siswa berbasiskan pada multiple intelligences (kecerdasan majemuk) yang bersifat praktikal. Meliputi: proyek sains, mewarnai, menggambar, komputer dan handycraft.