Sekolah Peradaban Serang

Awali Tahun Ajaran Baru, SMP-SMA Sekolah Peradaban Melaksanakan Kegiatan MPLS

Awali Tahun Ajaran Baru, SMP-SMA Sekolah Peradaban Melaksanakan Kegiatan MPLS

 

Serang-Hari pertama di tahun ajaran baru merupakan salah satu moment yang di tunggu oleh siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, terlebih bagi peserta didik yang baru saja memasuki jenjang pada pendidikan tersebut. Untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, Sekolah Peradaban mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama sepekan pertama di tahun ajaran baru.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru dan kegiatan yang diperuntukan bagi Siswa/I baru yang akan melakukan kegiatan belajar di Sekolah Peradaban Serang pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan pada jenjang sekolah menengah atas (SMA). Dengan mengangkat dengan tema “Pemuda berani tegakan moral bangsa”.

Waktu dan tempat kegiatan ini diselenggarkan pada hari Senin, 17-21 Juli 2023 bertempatkan di SMP-SMA Sekolah Peradaban Serang. Panitia yang mengatur jalan nya kegiatan ini di pegang oleh Kabinet Sekolah Peradaban, dari siswa/I kelas XI, X SMA dan VIII SMP yang menjadi jantung nya kegiatan MPLS.

Dalam penyambutan siswa baru, Kabinet berperan sangat penting, dari pembukaan di  pertama hingga penutupan hari akhir pada roundown acara, mereka yang mengatur sekaligus menjalankan dengan berbagai kegiatan yang padat pada pekan MPLS ini.

Tidak terpaku pada materi saja, dalam sepekan mereka mengadakan kegiatan yang sesuai dengan minat bakat peserta didik. Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan yaitu, Pelatihan Short Movie, teknis nya Siswa/I dibentuk kelompok untuk projek short movie. Setiap kelompok Short Movie harus mengirimkan perwakilan ke setiap Pelatihan yang berisi latihan untuk Penulisan Skrip, Story Board, Cameramen, Video Editing dan Poster.

Tidak hanya itu, kegiatan yang banyak mencuri perhatian peserta didik baru seperti Kelas Inspirasi dimana kabinet mengundang para Alumni SMA Peradaban yang menceritakan tentang proses belajar selama 3 tahun di SMA yang berguna di dunia perkuliahan. ”Outbond, Find Me” juga merupakan kegiatan yang dinantikan oleh perserta didik baru dalam MPLS.

Menariknya, dengan MPLS ini para peserta didik baru mampu menghasilkan karya yang dibuat dalam sepekan dan dilombakan tingkat antar kelompok. Setelah itu, di hari akhir MPLS, pengumuman pemenang dan penutupan pun dilaksanakan dengan harmonisisasi antar peserta didik baru dan siswa/I Sekolah Peradaban.

Harapannya, kegiatan MPLS ini menjadi awal yang baik Siswa/I dalam membangun pribadi yang menghargai dan menghormati sesama, disiplin, prilaku yang positif, mandiri, jujur, berani bertanggung jawab, hidup bersih dan sehat sesuai dengan visi misi Sekolah Peradaban Serang.

Share this:

Awali Tahun Ajaran Baru, SMP-SMA Sekolah Peradaban Melaksanakan Kegiatan MPLS

Scroll to Top
Scroll to Top